Peringati HPSN 2021, DLH Kabupaten Belitung Lakukan Aksi Bersih-Bersih Gurok Beraye

Peringati HPSN 2021, DLH Kabupaten Belitung Lakukan Aksi Bersih-Bersih Gurok Beraye

Badau, Media Center – Peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2021 di Kabupaten Belitung terpusatkan di kawasan Gurok Beraye, desa Kacang Butor, Kecamatan Badau. Kawasan gurok beraye merupakan salah satu geosite yang dimiliki Belitung.

Guna menjaga kelestarian alam di kawasan ini, dinas lingkungan hidup kabupaten Belitung bersama tim lebah, pemerintah desa Kacang Butor, pengurus HKm Gurok Beraye dan sejumlah organisasi masyarakat secara kolektif membersihkan kawasan ini. Menurut kepala dinas lingkungan hidup, Edi Usdianto, pelibatan masyarakat ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan mengolah sampah secara lebih bijak.

“Terutama dimasa pandemi ini, kami berharap masyarakat dapat ikut peduli terhadap sampah, sesuai tema HPSN Kabupaten Belitung yaitu “Olah Sampah Jadi Berkah,” ungkap Edu saat peringatan HPSN, minggu (21/02/2021)

Selain aksi bersih-bersih sampah, peringatan HPSN ini juga diisi dengan pameran produk hasil olahan dari sampah seperti pot dari sampah, pupuk kompos, dan beberapa produk kerajinan masyarakat desa Kacang Butor.

Kepala desa Kacang Butor, Dian menyebutkan ungkapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Belitung yang telah peduli dalam pengembangan kawasan Gurok Beraye ini. Dirinya berharap akan ada penambahan lebar jalan, pembatas jalan, dan gazebo di kawasan ini sehingga mempermudah akses dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Menurut pengakuan Dian desa Kacang Butor telah membentuk satgas lebah yang beranggotakan 20 orang. Selain itu untuk menjaga kelestarian kawasan HKm Gurok Beraye telah dijaga oleh kurang lebih 30 anggota.

“Desa acang butor sudah memiliki 20 orang satgas lebah yang bertugas setiap hari jumat. Dan rata-rata tim lebah mampu mengumpulkan 300 kg sampah,” ungkap Dian.

Bupati Belitung, Sahani Saleh juga berpesan kepada masyarakat Belitung agar selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Bupati berharap perkembangan kesejahteraan diikuti dengan perilaku berkehidupan yang bersih

“Makin lestari alam kita, makin sejahtera anak cucuk kita. Oleh itu kita harus peduli dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan sampai punye mobil bagus tapi masih buang sampah sembarangan,” ungkap Bupati Sahani

Peringatan hari peduli sampah nasional ini juga diisi dengan pengundian pemenang program Rapiah. Program ini diadakan oleh dinas lingkungan hidup untuk masyarakat yang melakukan pemilahan sampah yang kemudian ditukarkan dengan kupon undian. Masyarakat yang beruntung akan mendapat hadiah berupa peralatan elektronik dan rumah tangga. (Arlan/IKP)

Sumber: https://mediacenter.belitung.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + eight =