Bupati Belitung Berpesan Pentingnya Menjaga Keamanan Dalam Pengembangan Daerah Wisata

Bupati Belitung Berpesan Pentingnya Menjaga Keamanan Dalam Pengembangan Daerah Wisata

Tanjungpandan, MediaCenter — Bupati Belitung H Sahani Saleh didampingi wakil Bupati Belitung melakukan kunjungan ke Desa Kacang Butor Kecamatan Badau, Minggu (21/02/2021).

Kunjungannya ke Kecamatan Badau kali ini, tidak lain adalah untuk menghadiri sekaligus ikut merayakan peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2021.

Peringatan hari peduli sampah nasional merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun untuk mengenang peristiwa naas yang terjadi di Kabupaten Paser pada 21 februari 2005 silam.

Kejadian yang merenggut 157 jiwa nyawa dan 2 kampung Cilimus dan Pojok, menyadarkan pemerintah bahwa sampah merupakan masalah global yang harus dihadapi dengan serius.

Peringatan HPSN di Belitung kali ini digelar di Kawasan Geosite Gurok Beraye, Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau. Selain, agar dapat menyadarkan masyarakat dan wisatawan pentingnya menjaga kebersihan tempat wisata, pemilihan Gurok Beraye juga bermaksud untuk dapat mengenalkan tempat wisata ini lebih jauh lagi.

Adapun tema peringatan HPSN yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dalam hal ini melalaui Dinas Lingkungan Hidup kali ini yakni “kreatif dimasa pandemi, olah sampah jadi berekat” tentunya tema ini merujuk kepada tema peringatan HPSN Nasional yakni “sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi”.

Kepala Desa Kacang Butor, Hadian menyambut baik dipilihnya Gurok Beraye sebagai tempat peringatan HPSN, dirinya mengapresiasi inisiatif pemerintah.

Dalam sambutan dirinya menyebut, Gurok Beraye merupakan objek wisata yang lumayan lengkap, selain wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa, digurok beraye juga memiliki sejarah yang tidak boleh dilupakan, karena disitu terdapat makam salah satu tokoh yang sangat berperan dalam penyebaran agama Islam di Pulau Belitung, sehingga tempat tersebut juga bisa dijadikan wisata religi. Untuk itulah dirinya berharap momentum ini dapat dijadikan pijakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Kacang Butor mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Belitung, Wakil Bupati, dan Dinas Lingkungan Hidup yang telah memilih Gurok Beraye sebagai tempat perayaan peringatan HPSN 2021, dengan tema olah sampah jadi berekat,dan mudah-mudahan dengan acara ini sebagai langkah kebersamaan kita untuk menjaga lungkungan kita secara bersama-sama”

Hadian juga berharap kepada pemerintah agar dapat bersinergi dalam mengembangkan objek wisata Gurok Beraye ini, dirinya menyebut masih banyak hal-hal yang harus dibenahi.

Lebih lanjut tidak lupa dirinya berpesan kepada anggota HKM Gurok Beraye agar dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam melakukan pengelolaan objek wisata Gurok Beraye ini, dengan pengelolaan yang baik dirinya berharap kedepan Gurok Beraye dapat dikunjungi oleh lebih banyak wisatawan.

Sementara itu Bupati Belitung menyebut Gurok Beraye yang merupakan salah satu geosite yang ada di Belitung ini memiliki banyak hal unik yang dapat digali dan dikembangkan, sehingga dapat menambah geoculture yang sudah ada.

Lebih lanjut Sahani menyebut dalam pengembangan objek wisata, selain menyajikan keindahan, faktor keamanan dan kebersihan juga sangat mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, selain menghimbau untuk menjaga kebersihan dirinya juga menghimbau kepada yang hadir agar dapat sama-sama membantu pemerintah dalam menjaga keamanan di Kabupaten Belitung.

“Sehebat apapun potensi daerah tujuan wisata kalau tidak diikuti oleh keamanan dan kebersihan, maka jangan berharap untuk  dikunjungi wisatawan”, ujar  Sahani.

Hadir pada acara tersebut Kepala OPD terkait, perwakilan DPRD, Camat Badau, serta tamu undangan lainnya. (Randa/IKP)

Sumber: https://mediacenter.belitung.go.id/

badau@belitung.go.id

badau@belitung.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =